Senin, Agustus 24, 2009

Dialogku dengan Seorang Ikhwan, Mantap!!!

Bismillahirahmannirrahim.........
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Alhmdulllah dialog ini menambah wawasan ana tentang apa yang ana bicarakan. sekaligus tambahan bagi ana tentang ilmu bersabar. Mungkin Sabar tidak selalu ada dalam diri kita, tapi sabar muncul ketika hati kita bersih pikiran jernih serta akalpun tertuju pada apa yang sedang dialaminya. InsyAllah dialog tentang "Shalafus Shaleh" ini menambah ilmu kita, sekaligus menambah kesabaran ana dalam bertindak. Ini daidapat dari pgae Friendster ana....
http://profiles.friendster.com/maschipto


Maz Chipto :

Assalamu'alaikm
boleh bantu teman?
pendpat anda tentang Salafiah?
Tentang Ahlusunnah Waljama'ah?

i@m akhi :

Janganlah membhas sesuatu yg menyebabkan terjadixa perselisihan sesama muslim, saudaraqu.kecuali benar2 menyesatkan dan menodai islam.

skrg yg kita pikirkan adlah memperbaiki dan memperteguh keimanan di Syahrur Ramadhan ini.Selama insan muslim masih mengucapkan 2 kalimat syahadad dan menjalankan apa yg diperintahkan dan menjauhi apa yg dilarang oleh Allah Swt. itulah islam sejati.

Mazhab yg 4 itu tdk ada yg sempurna,mereka saling melengkapi,saling menutupi kekurangan. salafi adlah ajran yg keras,dalam artian apa2 yg dikerjakan Rasulullah hanya itu yg saudara kita ikuti. sangat menentang bid'ah dan itu benar.. knpa? krna sudah jelaz2 Rasulullah mengatakan,sebelum Nabiullah diwafatkan,pastilah Dia telah menyempurnakan agama yg dìsampaikan,jdi jika ada hal2 yg bru dalam ibdah.maka itu adlah sesat.!

Wallahu'alam bishowab. afwan bikhoir.........



Maz Chipto :

Assalamu'alaikum akhi....

afwan sebelumnya

InsyAllah n ana juga tw diri akh.InsyAllah g bakal menyelishih pertanyaan ana ini. sebeluumnya afwan jiddan, mungkin ana juga salah menempatkan pertanyaan tersbut seharusnya mgkin lebi halus cara penyampaian tanya itu. keburu sekumpulan pertanyaan ya ada di kepala kian menumpuk, ana pstkan pertanyaan itu. mungkin dengan emosi bertanya yg g kekontrol ana lupa menghias pertanyaan tsbut.

afwam akhhi, sekali lagi afwan...

critanya begini akh, tgl 12 Juli 2009 kemarin di JIC Jakarta Utara, menggelar kajian tentang Ahlusunah Waljamaa'ah. dan Acara Bedah buku "Buku Putih Dakwah Ahlusunah Waljama'ah" Karya Ust. Zainal Abidin bin Syamsudin...

Disana membahasa ttg mengenal Ahlus Sunah sendiri (Pengikut pendahulu Nabiullah), bukan ASWAJAnya.segalanya ttg Ahlu Sunnah, dan tdak ketinggalan ttg Aswaja juga. AKhi mungkin tau ttg Aswaja itu sendiri apa. Sebuah Manhaj yang berdidri ketika terjadinya berbagai macam Bid'ah yang ada didunia ini. Maka perlu nama untuk membedakan umat islam yang komitmen dengan sunnah. Nama itu adalah Ahlus Sunnah sebagai lawan Ahlu Bid'ah. Ahlus Sunnah juga disebut Al-Jama'ah, karena mereka adalah kelompok asal (asli). Sedangkan orang-orang yang terpecah dari ahlus sunnah dikarenakan bid'ah dan hawa nafsu adalah orang-orang yang menyelisihi Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah telah menjadi rebutan berbagai kaum dan jama'ah yang beraneka ragam. Bisa kita saksikan sendiri, banyak kaum hizbi yang menyebut jama'ah dan organisasi mereka dengan istilah ini. Bahkan beberapa tharekat Sufi melakukan tindakan yang sama. Sampai-sampai Asy'ariyah, Maturidiyah, Barilawiyah dan lain-lainnya mengatakan 'Kami adalah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Sesungguhnya ASWAJA itu bukanlah sebuah Golongan yang diperebukan Akhi.ASWAJA adalah sebuah wadah bagi kaum muslim yang benar" menjalankan Syariat Islamiyah. Namun akhir" ini kan muncul bebagai macam Manhaj yang mengatas namakan dirinya paling benar. Padahal semua Manhaj juga punya kekuranagan, Apa yang di katakan akhi. saling melengkapi itu yang tebaik.Tapi ana tdak membedakan akh, sama sekali tidak berkat pemahaman n kajian ttg ASWAJA = SALAFIAH.

Salaf artinya ‘nenek moyang’ yang lebih tua dan lebih utama[1]. Salaf berarti para pendahulu. Jika dikatakan "salafu ar-rojuli" = salaf seseorang, maksudnya kedua orang tua yang telah mendahuluinya.

Menurut al-Qalsyani: “Salafush Shalih ialah generasi per-tama dari ummat ini yang pemahaman ilmunya sangat dalam, yang mengikuti petunjuk Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, menjaga sunnahnya, Allah pilih mereka untuk menemani Nabi-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam dan untuk menegakkan agama-Nya...”

Salaf dengan Salafiah adalah suatu kata yang beda. Salaf adalah pendahulu dan Salafiah adalah Suatu Kelompok. Sama halnya dengan ASWAJA. Salaf beerarti pegangan Aswaja dan Aswaja sendiri suatu kelompok. Ahlus Sunnah wal Jama’ah dikatakan juga as-Salafiyyun karena mereka mengikuti manhaj Salafush Shalih dari Shahabat dan Tabi’in. Kemudian setiap orang yang mengikuti jejak mereka serta berjalan berdasarkan manhaj mereka -di sepanjang masa-, mereka ini disebut Salafy, karena dinisbatkan kepada Salaf. Dan Salaf bukan kelompok atau golongan seperti yang difahami oleh sebagian orang. Sebenernya ASWAJA = SALAFIAH, memang dulu thun 2004 Salafiah ditentang sampai akhir 2007. dengan ajaran2nya yang cukup keras, tp sebenarnya Ajaran salafiah yang hak adalah ajaran Shalafusaleh yang berrti Ajaran yang dianut oleh generasi utama umat ini.

lanjut akhi------------->

Akhi permasalahanya begini, pada tanggal 29 Agustus 2009 nanti disini Di Masjid Komplek ana yaitu Masjid Ar Rahman akan mengadakan kajian dan bedah buku tentang Salafiah yaitu "Buku Putih Dakwah Salafiah" karya Zaenal Abidin Bin Syamsyudin. Ana terlalu banyak mengorek ttg Salafiah. sehingg menimbulkan kebingungan terhadap ana sendiri. kemarin mengkaji sebuah artikel karya Syaikh Hasan Ali Assegaf, disitu disuguhkan ttg kesalahan Syeikh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Akhi mungkin tau beliau yang disalahkan itu siapa. yupz... bener. Beliau adalah Ahlul Hadits Kalangan Salafi yang mengajarkan pokok2 ajaran salafiah. tapi menurut Syaikh Hasan Ali Assegaf Beliau terdapat kesalahan yang membuat para tokoh ulama dan Ahlul Hadist lainya angkat bicara. Ana punya Filenya mungkin bisa kita share akhi lewat email...

dan juga ana menemukan artikel karya Syaikh Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari yang mengatakan bahwa :

"Barangsiapa mengingkari penisbatan kepada salaf dan mencelanya, maka perkataannya terbantah dan tertolak 'karena tidak ada aib untuk orang-orang yang menampakkan madzab salaf dan bernisbat kepadanya bahkan hal itu wajib diterima menurut kesepakatan ulama, karena mazhab salaf itu pasti benar" [Majmu Fatawa 4/149]

ana jadi bingung, adakah Madzhab Salaf/Wahabi?

Walaupun MUI sudah menfatwakan Salafia h adalah ajaran yang tidak menyimpang.apa yang diakatakan nasihat, "belajarlah kamu dimana saja kamu erada, ambilah yang baik2 saja, yang buruk kamu tinggalkan"

Bagaimana tanggapan akhi

sebelumnya afwan akhi, syukran setelahnya karena sudah mengingatkan ana. syukran, senang punya teman seperti akhi.....

ana mgkin lebih bisa share kepada akhi yang tentunya akhi berada diatas ana. dan mungkin akhi bisa ajari ana ttg ketenangan hati dalam berfikir dan bertindak. Mohon bantuanya y akh....

InsyAllah ana tidak akan menyelishkan suatu paham. Ingatkan ana jika ana salah....

Jika ada kata yang salah juga ana kasih saran ya, biar ana tidak terelnggu dalam kesalahan

Syukran akhi.....

Ta lupa mengucap

Taqoballahu Minna Waminkum, Taqobal Ya Kariim. Minal 'Aidzin wal Faidzin Kahi....

Maafkan segala kesalahan ana

Wassalamu'alaikum


i@m akhi :

Afwan {sama sama} saudaraqu. mhon maaf lahir dan batin.

manusia lemah sprti kita memang tak luput dari khilaf, salah, lupa dan dosa. kebenaran hanya datang dari ALLAH Swt.

mkxa kita dituntut mnjdi org yg berilmu dlam memahami ajaran dan hukum2 agama.

benar yg antm katakan kta hrus belajar dimanapun kaki berpijak,ambil lah yg baik2. buanglah yg mudharat yg didalamxa trmasuk keraguan2.

insya Allah ana mengerti tntg pertanyaan dan jwban akhi,.

tpi jika saudara kita memahamixa dgn salah.? psti akan membwa.?

kita harus menanam satu pujian dalam setia detik, satu gagasan dalam setiap menit, dan satu karya dalam setiap jam.

bila kita putus asa,hanya karena belum mendapat jalan keluar atas suatu perso'alan. Engkau kemanakan Allah dan kemahakuasaan-Nya.?

marì kita2 sama2 belajar saudaraqu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut